Minggu, 26 September 2010

tugas Psi & teknologi internet

PENGARUH INTERNET BAGI PSIKOLOGIS MANUSIA

Internet, sebuah kata yang tidak asing lagi bagi kita. Internet adalah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio).

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari jaringan ini. Misalnya untuk berkomunikasi dengan teman sekantor, teman sekelas, sampai teman yang berada di lain Negara pun dapat dilakukan melalui internet. Selain itu, internet juga dapat digunakan untuk mencari informasi tentang berita apa yang sedang In di dunia ini, informasi tentang ilmu pengetahuan, sejarah-sejarah, biografi dan informasi lainnya. Kita juga sering menggunakan internet untuk mengerjakan tugas- tugas yang diberikan dari guru, dosen, dan atasan. Kemudian, kita juga bisa melakukan transaksi jual beli lewat internet.

Internet merupakan media informasi yang sangat luas, segala macam informasi dapat kita cari hanya dengan menuliskan apa yang kita inginkan. Begitu mudahnya mengakses Internet sehingga penggunaan Internet dapat dengan mudah dilakukan oleh anak-anak, remaja sampai dewasa.
Namun, dari semua kemudahan yang disajikan itu, terdapat pengaruh-pengaruh positif dan negatifnya. Jika kita dapat mengaplikasikannya dengan baik, kita tidak akan mendapatkan pengaruh buruk dari internet, tapi,kalau kita tidak bisa, maka kita hanya akan dapat keburukannya saja dari fasilitas ini.

Banyak pengaruh positif dari internet. Contohnya, kita menjadi terbuka dengan ilmu pengetahuan, jadi kita tidak ketinggalan zaman dengan perkembangan yang ada di dunia ini. Dengan sering membuka internet, kita jadi dibiasakan untuk membaca. Dengan membaca, banyak manfaat yang kita dapatkan. Kita jadi tahu apa saja yang sedang terjadi pada zaman dulu, sekarang, dan masa depan. Pokoknya dengan membaca, kita jadi nyambung jika diajak berdiskusi apa saja.

Ada lagi fasilitas yang paling sering kita gunakan ketika membuka internet. Sekarang ini banyak sekali jejaring sosial yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar teman dekat maupun teman jauh. Dengan fasilitas ini kita dapat menemukan link teman yang sudah lama sekali tidak bertemu, bisa ngobrol lagi dengan mereka. Selain bisa menemukan teman lama,jejearing sosial ini merupakan sarana kita dalam menambah teman, dan melatih interaksi kita lewat dunia maya, atau mungkin kita bisa bertemu pujaan hati lewat jejaring ini.

Selain itu, lewat internet kita juga bisa melakukan transaksi jual beli. Kita bisa menjual barang dagangan kita, tidak hanya dengan cara tradisional saja, yaitu menawarkan langsung dengan pembeli. Penjual bisa dengan mudah menjajakan barang dagangannya secara online,dan itu menggunakan fasilitas internet pastinya. Pembeli pun bisa dengan mudah membeli barang yang diinginkannya itu, tanpa harus susah-susah datang ke tokonya, mereka bisa memesan barang itu secara online juga, itu pun menggunakan jasa internet. Internet memang baik karena selalu memberikan kemudahan pada kita umat manusia.

Tapi, disamping banyaknya manfaat dan pengaruh positif yang kita dapatkan dari internet, kita juga akan mendapatkan pengaruh negatif dan kerugian jika tidak dapat mengaplikasikan internet dengan baik. Jika kita tidak dapat menggunakan internet dengan baik, misalnya kita menjadi lupa waktu, itu akan menimbulkan kerugian yang besar bagi diri kita. Kerugiannya antara lain, kita jadi lupa mengurus diri kita sendiri.

Kebanyakan orang yang ketergantungan internetnya sangat tinggi, tidak bisa meninggalkan komputernya sedetik saja, orang yang maniak browsing atau maniak game, pasti banyak menghabiskan waktunya dengan fasilitas ini. Mereka jadi sering lupa makan, lupa tidur, lupa mandi, sampai lupa berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Kebiasaaan ini sangat tidak bagus bagi diri manusianya. Mereka jadi tidak sehat secara lahiriah dan batiniah. Secara fisik, mereka jadi telihat lebih kucel dari orang normal lainnya karena mereka biasanya jarang mandi, lebih kurus karena mereka sering lupa makan, dan dari orang-orang yang saya lihat, biasanya orang yang maniak game lebih pendiam dan jarang berkomunikasi. Dari cara berfikirnya pun, mereka yang gamers lebih strategis dan to the poin, dari bahasanya pun agak berbeda dengan orang yang bukan gemers.

Dampak negatif lainnya dari internet yaitu seseorang bisa menjadi anti sosial. Sesorang yang terlalu sering berkutat dengan komputernya, akan semakin jarang berinteraksi langsung dengan orang lain, dengan begitu perasaan sosialnya akan semakin berkurang. Mereka akan menjadi lebih mementingkan diri sendiri, dan merasa, semua pekerjaan bisa dilakukan sendiri, serta tidak membutuhkan orang lain. Jika mereka sudah berfikir seperti itu, keinginan untuk membantu orang lain pun akan berkurang.

Ada lagi dampak psikologis yang disebabkan oleh internet. Yaitu adiksi terhadap internet. Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawarakan dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.

Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.

Ternyata, di samping banyak manfaatnya,internet juga dapat menimbulkan dampak negative yang banyak pula. Oleh karena itu, manurut saya, kita boleh saja memakai fasilitas ini, tapi kita juga harus bisa menggunakannya dalam batas normal kita, karena semua yang berlebihan itu pasti banyak kerugiannya. Setidaknya kalau memang harus sering-sering memakai internet, kita harus tetap mengingat waktu, dan ingat untuk mengurus diri kita, serta tidak melupakan kodrat kita sebagai makhluk social, kita harus tetap bersosialisasi antar sesama dikehidupan nyata, tidak hanya di dunia maya, agar semua yang kita lakukan mendapat banyak manfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar