Minggu, 27 Maret 2011

konsep sehat


1.     1.  Konsep Sehat

Sehat menurut saya adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa baik-baik saja, tidak merasa sakit, kekurangan dan kelemahan apapun.

Sehat bagi masyarakat umum berarti ‘tidak sakit’
Kesehatan didefinisikan sebagai kesehatan badan, rohani (mental) dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. (UU No. 9/1960 RI : Pokok-pokok Kesehatan Bab I, pasal 2)

WHO mendefinisikan sehat sebagai status kenyamanan menyeluruh dari jasmani, mental dan sosial, dan bukan hanya tidak ada penyakit atau kecacatan. 
Sehat adalah tidak hanya sehat dalam arti fisik, psikologis, dan sosial, tetapi sehat dalam arti spiritual / agama. (Empat dimensi sehat : bio – psiko – sosio – spiritual ) (WHO, 1984)

Kesehatan Jasmani
Kemampuan mekanistik dari tubuh.

Kesehatan Mental
Kemampuan berpikir dengan jernih dan koheren.

Kesehatan jiwa
Suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang, dimana perkembangan tsb berjalan selaras dengan keadaan orang lain 
(UU No 3 : Kesehatan Jiwa)

Kesehatan Emosional/Afektif
Kemampuan mengenal emosi dan mengekspresikan emosi tersebut secara tepat

Bentuk emosi: takut, puas, sedih, marah, kaget, jijik, malu, dsb

Kesehatan Spiritual
Kemampuan seseorang dalam mencapai kedamaian hati
Berkaitan dengan kepercayaan dan praktek keagamaan perbuatan baik secara pribadi
àBerisi prinsip-prinsip normal tingkah laku

Kesehatan Sosial
Kemampuan untuk membuat dan mempertahankan hubungan dengan orang lain.
Perilaku kehidupan dalam masyarakat.

Kesehatan Sosietal
Kondisi kesehatan individu yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat yaitu terpenuhinya kebutuhan dasar dan kebutuhan emosional.
Kebutuhan dasar: makan, pakaian, papan.
Kebutuhan emosional: penghargaan terhadap HAM, tekanan politik.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sehat adalah kondisi dimana seseorang merasakan kesehatan atau kenyamanan menyeluruh dari jasmani, mental, jiwa, emosional, spiritual dan sosial serta kemampuan yang baik dari pergerakan tubuh, berfikir, perkembangan fisik, intelektual, dan emosional, kemampuan yang baik dalam mengatur dan mengekspresikan emosi, kemampuan dalam mencapai kedamaian hati, dan kemampuan untuk berhubungan baik dengan orang lain dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar