Kamis, 06 Januari 2011

dampak komputer dalam psikologi pendidikan


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknoogi terjadi karena seseorang menggunakan akal dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.

Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.

1.2  Tujuan Pembuatan Makalah
Di dalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang kami jabarkan, diantaranya adalah :
1. Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Psi & Teknologi Internet
2. Dari hasil diatas, saya ingin mengetahui lebih dalam akan keuntungan dan kerugian penggunaan komputer dalam psikologi pendidikan
3. Untuk membantu para mahasiswa dalam mengatahui tentang keuntungan dan kerugian penggunaan komputer dalam psikologi pendidikan

1.3  Metode Pengumpulan Data
Dalam mengumpulkan data, kami menggunakan metode pengambilan data secara sekunder, yaitu pengambilan data secara tidak langsung melalui informasi yang sudah ada seperti internet dan berbagai macam buku

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN KOMPUTER DAN PSIKOLOGI
Computer adalah alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan komputer.
Istilah Komputer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.
Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu masalah, maka akan merasakan manfaat yang besar dalam hal : efisien waktu, biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik.
2.2 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja,sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi,jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah komputer menurut periodenya adalah:
-          Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik
-          Komputer generasi pertama
-          Komputer generasi kedua
-          Komputer generasi ketiga
-          Komputer generasi keempat
-          Komputer generasi kelima
Selanjutnya adalah Komputer generasi keenam (masa depan)
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan dating. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.
2.3 PENGARUH KOMPUTER DALAM PSIKOLOGIS MANUSIA
Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat dan membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan.
Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Namun dari segala efek positif yang diterima oleh manusia terdapat pula berbagai efek negatif, baik secara fisik dan mental.
Handphone merupakan salah satu dari perkembangan tekonogi komputer. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses internet, SMS,
Berfoto dan juga saling mengirim data. Dampak yang ditimbulkan dari handpone mungkin tidak kita sadari sama sekali. Selain memudahkan dalam berkomunikasi sebagai dampak positif yang manusia dapatkan, terdapat pula dampak negatif yang manusia dapatkan sebagai akibat menggunakan handphone atau telepon genggam ini.


Lalu apa pengaruh negatifnya? Kita mungkin jarang menyadari efek negatif atau bahkan ada yang tidak menyadari sama sekali. Pasti diantara anda banyak yang jika sedang tidur terkadang terganggu akibat handphone berdering. Jika mendengar handphone berbunyi sudah pasti anda akan langsung segera membukanya, seperti akan mendapat hadiah sebuah rumah.
Dari penggunaan berbagai macam alat digital ini kita juga semakin susah untuk mengingat hari-hari penting kerabat atau orang-orang terdekat kita karena selalu mencatatnya pada alat tersebut. Jika anda ditanya oleh seseorang tanggal ulang tahun kakak atau orang tua anda belum tentu anda bukan? Dengan kata lain, teknologi membuat kita semakin malas untuk mengingat sesuatu yang sebenarnya bisa kita ingat dengan mudah.
2.4 DAMPAK POSITIF DAN NEGATIVE DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Teknologi komputer dan penggunaannya memiliki beberapa dampak positif dan negative dalam psikologi pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi salah satu bidang psikologi ini. Terlihat dari segi system pendidikan, sarana pendidikan, penyaluran, penyampaian sampai penerimaan pendidikan itu sendiri.
Seperti dalam buku Kurikulum Berbasis TIK (Munir, 2008), dijelaskan bahwa teknologi pendidikan memengang peranan yang penting, terutama setelah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dimana komputer menjadi bagian integral didalamnya. Dalam dunia pendidikan saat ini, teknologi mempunyai dampak yang kuat. Kita dapat melihat, hampir semua sarana pendukung pendidikan menggunakan teknologi, tidak dapat dipungkiri, teknologi sudah sangat membantu kita dalam dunia pendidikan. Peran teknologi juga sangat berpengaruh dalam hal penyampaian materi (Munir, 2008).
Pendidikan yang memasukkan unsur teknologi didalamnya,  juga mendukung prinsip konstruktivisme yang merupakan inti dari filsafat pendidikan William James dan John Dewey. Prinsip konstruktivisme tidak sekedar meminta peserta didik menghafal informasi, tetapi juga memberi mereka peluang untuk membangun pengetahuan dan pemahaman materi pelajaran (Santrock, 2008). Hal ini memberi feed back kepada kita, bahwa teknologi dapat membangun kreativitas serta dapat menggali lebih dalam rasa keingintahuan peserta didik.
Namun beberapa fakta juga menunjukkan, bahwa teknologi sama sekali tidak meningkatkan prestasi belajar. Buktinya, tengok prestasi kaum pendahulu kita dengan segala keterbatasannya. Bandingkan dengan semakin manjanya pemuda kita dengan teknologi tetapi kurang prestasi. Jika dianalogikan, seseorang yang naik ke atas pohon yang tinggi dan diserang dengan angin kencang, maka si pemanjat tadi akan lebih keras dalam pegangan. Namun ketika datang angin sepoi yang menyejukkan ternyata angin sepoi tadilah yang justru menyebabkan si pemanjat jatuh. Mungkin teknologi ibarat angin sepoi tadi yang lebih memudahkan.

Walupun begitu bukan berarti kita menghentikan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan kehidupan kita. Namun, yang penting dari teknologi pendidikan adalah bukan dari aspek teknologinya, tetapi dari aspek pendidikannya. Teknologi hanyalah sebagai sarana pendukung dari terlaksananya pendidikan yang lebih baik. Sehingga menjadikan teknologi sebagai motivator bagi kita untuk lebih berprestasi dimasa yang akan datang.
Teknologi komputer mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain
1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai
sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya
sumber ilmu pengetahuan.
2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:

1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi
seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

BAB III
KESIMPULAN

Komputer adalah alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat dan membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Dalam dunia pendidikan saat ini, teknologi mempunyai dampak yang kuat. Kita dapat melihat, hampir semua sarana pendukung pendidikan menggunakan teknologi, tidak dapat dipungkiri, teknologi sudah sangat membantu kita dalam dunia pendidikan. Peran teknologi juga sangat berpengaruh dalam hal penyampaian materi. Namun, teknologi sama sekali tidak meningkatkan prestasi belajar. Buktinya, tengok prestasi kaum pendahulu kita dengan segala keterbatasannya. Bandingkan dengan semakin manjanya pemuda kita dengan teknologi tetapi kurang prestasi.

DAFTAR PUSTAKA

Robiyanto.2009.Makalah Manfaat Teknologi Komputer Bagi Masyarakat.
Kurniawan, bobby.2010.Peran Teknologi Didalam Pendidikan-Tugas 1.
http://09034bobby.wordpress.com/2010/02/09/html.6 Januari 2011
Abdullah, tegar.2010.Sejarah Perkembangan Komputer.
Fadilah.2010.Pengaruh Komputer.
Anonim.2010.Pengaruh Komputer Terhadap Manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar