Sabtu, 13 Oktober 2012

CBIS dan EVOLUSI nya

TUGAS 3
SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
Putri Uswatul Khasanah (4PA01/16509360)

CBSI DAN EVOLUSINYA
CBSI, apa sih CBIS itu sebenarnya?. Mungkin bagi sebagian orang (saya salah satunya), masih asing dengan singkatan ini.  Tapi, setelah saya tau kepanjangan dari singkatan ini, baru saya dapat mengenalinya.
CBIS adalah singkatan dari Computer Based Information System, bahasa Indonesianya sistem informasi berbasis komputer. Nah, baru deh setelah dikasih tau apa kepanjanganya, akhrinya saya ngeh.
Jika dicari teorinya, CBIS merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Maksudnya, komputer memegang peranan penting dalam sebuah pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar substemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat, dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Sistem informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah Computer-Based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Sebuah sistem adalah sekelompok komponen yang saling berkaitan, yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama. Hubungan antara komponen ini berupa komunikasi informasi yang relevan sehingga secara bersamaan dapat mencapai tujuan sistem.  Informasi sendiri merupakan satu jenis sumber daya utama yang tersedia bagi menajer. Informasi dapat dikelola seperti hal nya sumber daya lain, dan perhatian sistem informasi bersumber dari dua pengaruh, yaitu:
1.    Bisnis telah menjadi semakin rumit
2.    Komputer telah mencapai kemampuan yang semakin membaik.
Saat ini sistem informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu menajemen dalam mengkoordinasi sub unit-sub unit dari organisasi dan mengarahkan bagian-bagian itu untuk mencapai tujuan perusahaan. Dua hal yang menjadi perhatian dari pembahasan di atas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu dalam dua proses tersebut diperlukan satu sistem agar proses koordinasi dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Aplikasi utama komputer yang membentuk sistem informasi berbasis komputer atau CBIS adalah:
1.    Pengolahan Data Akutansi (SIA/Sistem Informasi Akuntansi)
2.    Sistem Informasi Menejemen (SIM)
3.    Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
4.    Kantor Virtual (VO)
5.    Sistem Berbasis Pengetahuan (KBS)
Perusahan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan sistem berbasis komputer, yaitu:
1.    EDP Manager (Manajer pengolahan data elektronik)
2.    System Analists (Analis Sistem)
3.    Database Administrator (Pengelola Database)
4.    Network Specialist (Spesialis Jaringan)
5.    Programmer (Pembuat Program)
6.    Operator / User (Pengguna)
Kerjasama antar golongan tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan sistem berbasis komputer. Analis sistem bekerjasama dengan pemakai guna mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang sekarang. Pengelola basis data bekerjasama dengan pemakan dan analis sistem dalam membuat basis data yang berisi data yang dperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. Spesialis jaringan bekerja sama dengan analis sistem dan pemakan membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber data komputer. Programer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruks sehingga komputer dapat mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai. Dan operator atau user mengoprasikan peralatan komputer berskala besar. Operator memantau layar komputer, mengganti ukuran kertas diprinter, mengelola perpustakaan dan tugas-tugas serupa lainnya.
End User Computing
Merupakan salah satu metode pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai sendiri (user). Pengembangan metode ini didukung oleh:
1.    Meningkatnya pengetahuan mengenai komputer
2.    Banyaknya permintaan tidak sebanding dengan sumber daya yang tersedia
3.    Perangkat keras yang harganya semakin murah
4.    Perangkat lunak sap pakai semakin banyak
EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Pada awal abad ke 20 pemakaian komputer terbatas hanya untuk aplikasi akuntansi dan menggunakan nama EDP yang merupakan aplikasi sistem informasi yang paling dasar dalam setiap perusahaan. Sekarang kita menggunakan istliah SIA untuk menggantikan EDP.
SIA merupakan sistem informasi akuntansi, yang melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan pengolahan data yang tinggi/ SIA melaksanakan 4 tugas dasar, yaitu:
1.    Pengumpulan data
2.    Manpulasi data (pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyiapan dokumen.
3.    Penyimpanan data
4.    Penyiapan data
Contoh Sistem Informasi Akuntansi:
Sistem terdistribusi yang digunakan perusahaan distribusi yaitu perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya ke pelanggan, misalnya: perusahaan yang berorientas produk, seperti manufaktur, pedagang besar, pengencer, dll

-    Fokus Baru Pada Informasi
Konsep penggunaan komputer untuk mendukung sistem informasi manajemen mulai diperkenalkan pada tahun 1964 oleh para pengguna komputer. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.
Sistem Informasi Manajemen merupakan integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen dan pengambilan keputusan pada suatau organisasi (Gordon B. Davis). Elemen- elemen SIM terdiri dari: Hardware, Software, Prosedur, Database, Model

-    Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan
Sementara SIM terus berkembang dalam menghadap kelamahan-kelemahannya, muncul pendekatan baru dengan nama DSS atau SPK (Sistem Penunjang Keputusan), yaitu sistem panghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer.
3 tingkatan teknologi SPK, antara lain:
1.  Specific DSS, merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu
2.    DSS Generator, adalah suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat spesifik DSS
3.    DSS Tools, suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS

-    Fokus Sekarang Pada Komunikasi
Penerapan OA (Office Automation) untuk memudahkan komunikasi dan peningkatan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor lainnya melalui penggunaan alat-alat elektronik. Fungsi OA adalah untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan menyediakan informasi yang  lebih baik untuk pengambilan keputusan.
Ada beberapa aplikasi otomatisasi kantor, antara lain: word processing, email, voice mail, electronic calendering, audio conferencing, video text, imaging, dll

-    Fokus Potensial Pada Konsultasi
Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan Kecerdasan Bantuan (AI) bagi masalah-masalah bisnis. Ide dasar dari AI adalah bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia.
Komponen sistem pakar ini adalah:
1.    User Interface, memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2.  Knowledge Base, menyimpan pengetahuan gabungan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu
3.    Interface Engine, memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4.    Development Engine, digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar

Begitulah kiranya yang dapat saya jelaskan mengenai CBIS dan evolusinya, semoga dapat membantu menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian..:D

Sumber:
http://asep-saepudin.blogspot.com/2007/10/cbis-sistem-informasi-berbasis-komputer.html
http://li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html
http://tomdjoke.blogspot.com/2010/12/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html
http://mamet89.wordpress.com/2010/11/25/evolusi-sistem-informasi-berbasis-komputer-fokus-awal-pada-data/
http://ramaditya525.blogspot.com/2011/09/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html
ebook: Evolusi Aplikasi SI Berbasis Komputer.pdf. http://harya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27108/evolusi+%26+aplikasi+SI+berbasis+komputer.pdf
ebook: Apsi.pdf. http://sagimansumarta.files.wordpress.com/2010/01/apsi.pdf



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar